Hari Ini dan Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Merak

Sabtu, 13 April 2024 – 03:05 WIB
Hari Ini dan Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Merak - JPNN.com Banten
Hari ini dan besok diprediksi puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak. Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN Banten

banten.jpnn.com, CILEGON - Kapolda Banten Irjen Abdul Karim memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Cilegon, akan terjadi pada tanggal 13-14 April 2024.

Dia mengatakan berbagai pihak telah melakukan antisipasi agar perjalanan bisa berjalan selancar mungkin.

"Untuk arus balik kami telah lakukan pengamanan mulai dari hari ini dan kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu di Bakahueni dan Merak," kata Abdul Karim, Jumat.

Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Dua lajur di Merak, yaitu Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah di kawasan Merak akan dibuka untuk arus balik.

"Jadi, untuk Cikuasa Atas digunakan untuk kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah digunakan bagi roda dua melalui jalur arteri," katanya.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatera di Pelabuhan Merak diharapkan juga kepada pemudik dapat mengerti terkait mekanisme arus balik yang telah disiapkan oleh Polda Banten.

Sementara itu, berdasarkan data posko Merak mencatat, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik 5 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang.

Polda Banten memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada tanggal 13-14 April 2024.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia