Siswa SMPN 1 Kota Serang Rayakan Maulid Nabi dengan Panjang Mulud, Tradisi Turun-temurun 

Kamis, 13 Oktober 2022 – 20:14 WIB
Siswa SMPN 1 Kota Serang Rayakan Maulid Nabi dengan Panjang Mulud, Tradisi Turun-temurun  - JPNN.com Banten
Panjang mulud tradisi khas Banten yang ada setiap perayaan hari besar Islam. Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Serang memperingati Maulid Nabi Muhammad dengan membuat panjang mulud.

Panjang mulud merupakan tradisi khas Banten yang sudah ada sejak turun-temurun, keberadaannya melekat dengan hari besar Islam.

Bentuk panjang mulud beragam, ada yang menyerupai perahu, pesawat, rumah, masjid, dan lainnya.

Untuk lebih menarik biasanya panjang mulud dihias dengan pernak-pernik untuk membuat daya tarik, kemudian ditaruh berbagai jenis makanan, sembako, dan bahkan uang.

Kepala SMPN 1 Kota Serang Sanyata Jaka Santoso mengatakan panjang mulud yang dibuat muridnya merupakan perwujudan dari P5 atau kepanjangan dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

"F5 yang pada semester ini dikemas dengan festival panjang mulud sekaligus bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw," ucap Sanyata, Kamis (13/10).

Sanyata menambahkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Jadi, selama dua minggu anak-anak diajarkan membuat sebuah perencanaan kemudian melaksanakan, dan terakhir melaporkan hasil kerjanya," ujarnya.

Maulid Nabi Muhammad dirayakan siswa SMPN 1 Kota Serang dengan kegembiraan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News