Puncak Kepadatan Nataru di Pelabuhan Merak, Masyarakat Wajib Baca

Jumat, 09 Desember 2022 – 13:40 WIB
Puncak Kepadatan Nataru di Pelabuhan Merak, Masyarakat Wajib Baca - JPNN.com Banten
Rapat koordinasi (rakor) persiapan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak. Foto: Humas Polda Banten

banten.jpnn.com, SERANG - Otoritas Pelabuhan Merak telah menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk melakukan persiapan layanan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Beberapa skema dipersiapkan untuk mengantisipasi animo masyarakat yang akan melakukan penyeberangan dari Merak ke Bakauheni, Lampung atau sebaliknya.

Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto mengatakan puncak kepadatan mobilitas masyarakat ada tiga waktu.

"Peningkatan mobilitas masyarakat pada nataru, di antaranya waktu libur sekolah pada Jumat (16/12), kemudian natal Jumat (23/12), dan terakhir Tahun Baru Jumat (30/12)," ucap Kombes Budi baru-baru ini.

Kombes Budi menjelaskan strategi untuk menyukseskan lalu lintas telah dipersiapkan di beberapa tempat yang berpotensi mengalami kemacetan.

"Sasaran manajemen lalu lintas untuk menyukseskan nataru, yaitu isu strategis, ruas jalan arteri, tol, kesiapan Pelabuhan Merak, rencana kontingensi, pola pengamanan serta pada kawasan wisata," ucapnya.

Lebih lanjut Kombes Budi menjelaskan antisipasi kemacetan di jalur arteri dengan startegi contra flow atau rekayasa lalu lintas.

"Sementara startegi antisipasi kemacetan di tol akan diterapkan sistem satu arah, kemudian pembatasan operasional angkutan barang, manajemen rest area, dan akselerasi penanganan petugas saat terjadi kemacetan dan kecelakaan," tuturnya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 otoritas Pelabuhan Merak telah merapatkan barisan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News