Punya Sejarah-Ulama Besar Mendunia, Tanara Bakal Dijadikan Kawasan Wisata Religi

Jumat, 13 Januari 2023 – 17:21 WIB
Punya Sejarah-Ulama Besar Mendunia, Tanara Bakal Dijadikan Kawasan Wisata Religi - JPNN.com Banten
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar festival kebudayaan Tanara. Foto: Diskominfosatik Kabupaten Serang

banten.jpnn.com, KABUPATEN SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bakal menjadi Kecamatan Tanara sebagai kawasan wisata religi Syekh Nawawi Albantani.

Upaya tersebut dimulai dengan menggelar festival kebudayaan Tanara yang dilaksanakan pada 12, 21, dan 28 Januari 2023.

Festival Tanara menampilkan beberapa acara, di antaranya kasidah, tari ringkang jawari, marawis, pencak silat keserangan, kajian kitab kuning, dan lainnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan Tanara merupakan salah satu daerah yang menyimpan sejarah, karena di sana adanya ulama besar asli Banten.

"Tanara ini punya historis dan sejarah untuk diangkat menjadi daerah religi luar biasa. Karena, semua tahu di sana punya nama besar Syekh Nawawi Albantani nah ini yang akan kami angkat," ucap Ratu Tatu.

Ibu Tatu menjelaskan untuk mengembangkan wisata religi, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

"Kami memiliki konsep multipihak. Jadi, dalam membangun ini ada keterlibatan dunia industri, pemerintah, perguruan tinggi, dan lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan banyak yang akan dilakukan dalam mengembangkan wisata religi di Tanara.

Pemkab Serang bersama Universitas Gajah Mada (UGM) sedang menggagas program besar di Tanara yang memiliki sejarah dan ulama besar mendunia.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News