Rayakan Imlek, Wihara Avalokitesvara Lakukan Tradisi Lepas Burung

Jumat, 20 Januari 2023 – 23:48 WIB
Rayakan Imlek, Wihara Avalokitesvara Lakukan Tradisi Lepas Burung - JPNN.com Banten
Ilustrasi - Sejumlah umat Khonghucu saat melepas ratusan ekor burung pipit dalam upacara rituan menjelang Imlek 2023 di depan Kelenteng Tien Kok Sie Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (8/1/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

banten.jpnn.com, SERANG - Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2575 yang jatuh pada 22 Januari 2023, warga keturunan Tionghoa melakukan tradisi melepas burung di Wihara Avalokitesvara.

Pelepasan burung melambangkan ungkapan untuk melepas keburukan, permohonan maaf, dan keselamatan sekaligus untuk menjaga kelestarian alam.

"Itu tradisi yang sudah turun-menurun setiap tahunnya," kata warga keturunan Tionghoa asal Jakarta Simon Sutjipto seusai melakukan Sembahyang di Wihara Avalokitesvara Kasemen, Kota Serang, Jumat.

Simon Sutjipto atau Tjiu Sim Pheng menjelaskan kedatangannya ke Wihara Avalokitesvara dilakukan setiap tahun menjelang Imlek untuk melakukan sembahyang dan menjalankan tradisi melepas burung.

"Saya dari Jakarta. Setiap tahun ke sini untuk Sembahyang buat keselamatan dan kesehatan," katanya.

Dia juga berharap di tahun ini COVID-19 tidak ada lagi sehingga semua jemaat bisa melakukan sembahyang di Vihara tanpa adanya batasan (PPKM).

Di tempat yang sama, Kepala Tim (Katim) Patroli Polisi Pariwisata Ditpamobvit Polda Banten Brigadir Adi mengatakan pihaknya melakukan patroli di Vihara Avalokitesvara Banten menjelang Tahun Baru Imlek 2574 guna menciptakan kondusifitas dan keamanan serta kenyamanan kepada jemaat.

"Kami lakukan patroli ke beberapa tempat wisata religi. Khususnya saat ini ke Vihara Avalokitesvara," kata Kepala Tim Patroli Polisi Pariwisata Ditpamobvit Polda Banten Brigadir Adi usai monitoring Vihara Avalokitesvara.

Wihara Avalokitesvara di Serang melakukan tradisi melepas burung menyambut perayaan Imlek.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News