Kebakaran di TPA Jatiwaringin Tangerang Masih Terjadi

Jumat, 22 September 2023 – 19:50 WIB
Kebakaran di TPA Jatiwaringin Tangerang Masih Terjadi - JPNN.com Banten
Situasi kebakaran lahan tempat pembuangan sampah (TPA) Jatiwaringin, Kabupaten Tangerang, Banten. (Azmi/Antara)

banten.jpnn.com, TANGERANG - Kebakaran masih terjadi di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Jatiwaringin, Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Kebakaran telah berlangsung hampir satu bulan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang masih berupaya mengendalikan kebakaran agar api tidak menyebar ke kawasan pemukiman, lahan pertanian, dan hutan.

"Pemadaman saat ini masih berlanjut. Kondisi api kini sudah kecil hanya saja ada di beberapa titik di TPA itu," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat, Jumat.

Dia menyebutkan dalam penanganan ini BPBD Kabupaten Tangerang mengerahkan tim gabungan pemadaman kebakaran dengan menyemprotkan air dan memberi pembatas sampah-sampah yang mudah terbakar di TPA tersebut.

"Jadi, di beberapa titik di TPA itu masih ada kemunculan api, kami lakukan penyemprotan air secara keseluruhan agar api itu tidak meluas," katanya.

TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang dengan luas total 30 hektare ini mulai terbakar pada pertengahan bulan Agustus sampai September 2023 dengan luasan sekitar 15 hektare dan kebakaran diduga karena adanya gas dari dalam tanah dan terbakar akibat kondisi panas selama musim kemarau ini.

"Memang ini penyebabnya karena musim kemarau panjang, maka sampah yang mengandung gas itu jadi mudah terbakar. Jadi kita alami kesulitan untuk memadamkan api itu," ungkapnya.

Kebakaran di Tempat Pembuangan Sampah atau TPA Jatiwaringin, Tangerang, hampir satu bulan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News