Provinsi Banten Dapat Kucuran Dana Rp 28,40 Triliun dari APBN, buat Apa?

Senin, 11 Desember 2023 – 20:10 WIB
Provinsi Banten Dapat Kucuran Dana Rp 28,40 Triliun dari APBN, buat Apa? - JPNN.com Banten
Penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan daftar alokasi transfer ke daerah (TKD) tahun anggaran 2024 di Pendopo Gubernur Banten, Senin (11/12). Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN Banten

banten.jpnn.com, SERANG - Pemerintah pusat mengucurkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 untuk lembaga vertikal serta pemda yang ada di Provinsi Banten.

Dana yang digelontorkan itu mencapai Rp 28,40 triliun untuk anggaran 2024, di mana mengalami peningkatan 9,92 persen dibandingkan dengan APBN 2023.

Plh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten Dody Fachrudin mengatakan belanja negara yang diberikan pemerintah pusat itu untuk 367 instansi vertikal sebesar Rp 10,67 triliun.

"Kemudian ditransfer untuk sembilan pemerintah daerah sebesar Rp 17,73 triliun," ucap Dody sesuai menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan daftar alokasi transfer ke daerah (TKD) di Pendopo Gubernur Banten, Senin (11/12).

Dody menjelaskan dana yang dikucurkan dari APBN dipergunakan untuk memenuhi program-program prioritas di Provinsi Banten.

"Penggunaan dana APBN harus bermanfaat serta efektif dalam menjaga perekonomian masyarakat Banten," kata dia.

Terlebih, kata Dody belanja negara difokuskan untuk mendukung percepatan tranformasi ekonomi.

"Melalui penghapusan kemiskinan ekstrem, stunting, inflasi, peningkatan investasi, insfratruktur, dan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM)," ujarnya. (mcr34/jpnn)

Pemerintah pusat mengucurkan dana puluhan triliun untuk Provinsi Banten untuk anggaran tahun depan.

Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Abdul Malik Fajar

Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News