Harga Bawang Merah dari Rp 35 Ribu Jadi Rp 80 Ribu per Kilogram

Selasa, 23 April 2024 – 11:48 WIB
Harga Bawang Merah dari Rp 35 Ribu Jadi Rp 80 Ribu per Kilogram - JPNN.com Banten
Kenaikan harga bawang merah picu inflasi di Kota Serang. Foto: Ricardo/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Harga bawang merah mengalami kenaikan gila-gilaan di Kota Serang.

Akibatnya Kota Serang mengalami inflasi sebesar 3,5 persen pada April 2024.

"Saat ini inflasi sudah di angka 3,5 persen dan faktor yang menyebabkan kenaikan dari bahan pokok. Diantaranya harga bawang merah dan cabai merah ikut mempengaruhi inflasi," kata Asda II Kota Serang Yudi Suryadi, Senin.

Pada Maret inflasi Kota Serang masih di angka 3,2 persen dan April sudah naik di angka 3,5 persen yang juga dipicu akibat dari kenaikan bahan pokok pada saat Ramadan dan Idulfitri.

"Pada saat Ramadan dan Idulfitri itu semua merata terjadi. Provinsi Banten di Kota Tangerang yang paling tinggi inflasinya," tambahnya.

Upaya yang sedang dilakukan Pemkot Serang untuk menangani tingginya harga bawang merah dan cabai saat ini, dengan mempersiapkan produk lokal bawang merah untuk dikonsumsi oleh masyarakat Kota Serang.

"Pemerintah daerah dengan kelompok tani bawang khususnya agar dapat menambah hasil taman agar tidak terlalu bergantung dengan daerah lain. Mudah-mudahan rencananya mulai dari penanaman bibit bawang," katanya.

Selain itu, Pemkot Serang juga akan membantu untuk melakukan pemasaran hasil panen petani dengan menggelar kegiatan pasar tani dan bantuan bibit bawang.

Kenaikan harga bawang merah yang gila-gilaan memicu inflasi di Kota Serang.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News