Jurus Pemkab Tangerang Mencegah Inflasi Saat Ramadan

Kamis, 07 Maret 2024 – 11:39 WIB
Jurus Pemkab Tangerang Mencegah Inflasi Saat Ramadan - JPNN.com Banten
Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono saat mengecek sejumlah agen beras sebagai menjamin ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadan. ANTARA/Azmi Samsul Maarif

banten.jpnn.com, TANGERANG - Pejabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono telah meminta jajarannya menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya inflasi daerah saat menghadapi Ramadan 1445 Hijriah/Tahun 2024.

"Jadi kita sudah siapkan sembilan langkah yang akan dilakukan di Kabupaten Tangerang sesuai arahan dari Kemendagri, mulai dari pengecekan harga pangan hingga memantau ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat," katanya, Rabu.

Dia mengatakan dari beberapa langkah atau strategi pengendalian laju inflasi daerah itu, seperti menggelar pasar murah atau operasi pasar, mengecek ketersediaan pangan hingga melakukan pengendalian harga.

Selain itu, pihaknya bakal menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan setempat untuk menyiapkan kebutuhan bahan pokok yang diperlukan masyarakat.

Kemudian, dalam hal ini, Pemkab Tangerang juga melakukan koordinasi lintas instansi seperti dengan Bulog sebagai menyediakan logistik dasar untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadan.

"Kami sudah melakukan kerja sama dengan daerah-daerah lain, untuk membantu mempermudah kelancaran penyaluran logistik, supaya nanti tidak terjadi kenaikan harga," katanya.

Sejauh ini, kata Andi, kondisi harga dan kebutuhan pangan di daerah Kabupaten Tangerang dapat terkendali dengan baik. Di mana, sejumlah harga-harga pokok dasar seperti beras dan sebagainya bisa terkontrol, tidak terjadi lonjakan yang signifikan.

"Alhamdulillah untuk situasi harga kebutuhan pokok di Tangerang tidak terlalu melonjak. Semua dapat terkendali, meski ada beberapa harga yang masih belum stabil. Kemudian ketersediaan stok pangan kita masih aman karena kami terus berkoordinasi," kata dia. (antara/jpnn)

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono telah meminta jajarannya menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya inflasi daerah saat menghadapi Ramadan.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News