Lepas Keberangkatan Jemaah Calhaj, Menag Yaqut Sampaikan Pesan Tentang Ini

Rabu, 24 Mei 2023 – 08:43 WIB
Lepas Keberangkatan Jemaah Calhaj, Menag Yaqut Sampaikan Pesan Tentang Ini - JPNN.com Banten
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyapa jemaah calon haji (calhaj) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Foto: Humas Kemenag

banten.jpnn.com, TANGERANG - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama.

Ada 388 jemaah calhaj yang dilepas keberangkatannya dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, menuju Makkah, Arab Saudi.

Turut hadir dalam pelepasan itu, di antaranya Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, dan pejabat lainnya.

Menag Yaqut mengatakan jemaah calhaj yang berangkat ke Tanah Suci Makkah merupakan orang-orang terpilih yang bisa menunaikan rukun Islam kelima.

Menurutnya, ibadah haji memerlukan fisik yang prima, karena jemaah harus memperhatikan aspek kesehatan selama pelaksanaan di Makkah, Arab audi sampai kembali ke Indonesia.

"Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas termasuk beribadah sunah terlebih ketika merasa kesehatan sedang tidak memadai," ucap Yaqut di Bandara Soetta, Rabu (24/5).

Yaqut menjelaskan iklim di Arab Saudi jauh berbeda dengan Indonesia, di mana cuacanya lebih panas sehingga jemaah diharapkan dapat menyesuaikan diri.

Untuk mengatasi persoalan kesehatan, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk memberikan layanan terhadap jemaah.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas minta jemaah calon haji (calhaj) bisa segera menyesuaikan iklim di Arab Saudi.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News