Banten Berpotensi Diguyur Hujan Lebat-Angin Kencang, Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini

Senin, 05 Juni 2023 – 07:11 WIB
Banten Berpotensi Diguyur Hujan Lebat-Angin Kencang, Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini - JPNN.com Banten
Banten berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang pada hari ini. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

banten.jpnn.com, TANGSEL - Sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Banten berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Senin ini.

Menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdapat potensi hujan lebat disertai kilat atau petir, yakni di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung.

"Termasuk Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua," dikutip dari situs BMKG, Senin.

Sementara itu, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam, yakni wilayah Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.  

BMKG menyampaikan Sirkulasi Siklonik terpantau di Teluk Cendrawasih, yang membentuk daerah konvergensi dari Papua bagian tengah, serta daerah konfluensi di Papua Tengah, dan pesisir barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Laut Andaman hingga pesisir barat Thailand, di Laut Cina Selatan, dari Laut Cina Selatan ke Laut Sulu, dari pesisir barat Aceh, hingga Selat Malaka, pesisir barat Lampung hingga pesisir barat Bengkulu, dari pesisir utara Jawa Timur hingga pesisir utara Jawa Tengah, dari Kalimantan TImur hingga Kalimantan Utara, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, dan dari P. Halmahera hingga Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) lainnya juga terdapat di Laut Cina Selatan, dari Laut Banda hingga Laut Flores, Samudera Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Banten, dan di Samudera Pasifik Timur Filipina.

Kondisi tersebut, kata BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut. (antara/jpnn)

Prakiraan cuaca hari ini menurut BMKG kurang bersahabat. Akan turun hujan lebat dan angin kencang melanda Banten.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News