Bendungan Karian Lebak Ditarget Rampung pada 2024

Jumat, 16 Juni 2023 – 14:25 WIB
Bendungan Karian Lebak Ditarget Rampung pada 2024 - JPNN.com Banten
Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak. Waduk ini ditargetkan selesai pada awal tahun 2024. ANTARA/Mansur

banten.jpnn.com, LEBAK - Bendungan Karian di Kabupaten Lebak yang dibangun sejak tahun 2015 dan ditargetkan rampung pada 2024.

Bendungan itu bakal menjadi sumber air baku bagi sekitar lima juta penduduk.

Bendungan Karian memiliki daya tampung 314,7 juta meter kubik dengan luas genangan maksimum sebesar 1.740 hektare dari luas keseluruhan 2.170 hektare.

Dengan volume air sebesar itu, Bendungan Karian akan memasok air bersih bagi jutaan penduduk yang bermukim di wilayah Banten, Bogor, dan DKI Jakarta.

Bendungan ini juga bakal mengairi daerah irigasi Ciujung seluas 22.000 hektare sehingga mampu meningkatkan produktivitas pangan.

Selain itu, keberadaannya juga dapat mengendalikan banjir di wilayah hilir Provinsi Banten, termasuk jalan tol Merak-Jakarta, dengan kapasitas tampungan banjir sebesar 60,8 juta meter kubik.

Manfaat penting lain, Bendungan Karian berpotensi menghasilkan tenaga listrik ramah lingkungan sebesar 1,8 MW (megawatt).

Pembangunan waduk terbesar ketiga di Indonesia tersebut menyerap anggaran Rp 1,3 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Bendungan Karian di Kabupaten Lebak bakal menjadi sumber air baku bagi sekitar lima juta penduduk.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News