Selat Sunda Diprediksi Dilanda Gelombang Tinggi, Waspada

Jumat, 30 Juni 2023 – 10:00 WIB
Selat Sunda Diprediksi Dilanda Gelombang Tinggi, Waspada - JPNN.com Banten
Arsip - Sejumlah kapal nelayan bersandar di Bayah, Lebak, Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

banten.jpnn.com, LEBAK - Gelombang tinggi bisa terjadi hingga empat meter di Perairan Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengimbau nelayan tradisional setempat waspada.

"Peringatan imbauan kewaspadaan itu agar tidak menimbulkan kecelakaan laut," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Reza Faisal, Kamis.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan peluang ketinggian gelombang di Perairan Selat Sunda bagian barat dan selatan pada 30 Juni 2023 berkisar 2,5 - 4,0 meter dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Potensi gelombang tinggi di perairan itu dapat berisiko terhadap keselamatan nelayan tradisional, pelaku pelayaran, masyarakat pesisir, dan wisatawan.

BPBD Kabupaten Lebak mengeluarkan peringatan imbauan tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat cuaca buruk tersebut.

Pelayaran nelayan tradisional yang menggunakan perahu kincang bermesin motor tempel dan Kapal Tongkang tidak kuat bila ketinggian gelombang empat meter dengan kecepatan angin 25 knot.

Begitu juga wisatawan dan masyarakat sebaiknya tidak melakukan aktivitas berenang di sekitar pantai maupun tangkapan ikan, karena khawatir terseret gelombang tinggi.

Gelombang tinggi bisa terjadi hingga empat meter di Perairan Selat Sunda bagian barat dan selatan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News