Gubernur Banten Minta Hujan Buatan untuk Mengatasi Polusi Udara

Senin, 21 Agustus 2023 – 17:55 WIB
Gubernur Banten Minta Hujan Buatan untuk Mengatasi Polusi Udara - JPNN.com Banten
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar. Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, TANGERANG - Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar mengaku telah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk dilakukan modifikasi cuaca berupa hujan buatan.

Hal itu guna mengatasi polusi udara yang terjadi saat ini di daerah Banten.

"Kami sudah sampaikan kepada pemerintah pusat untuk dilakukan hujan buatan di beberapa wilayah Provinsi Banten kaitan polusi udara dan kemarau," kata Al Muktabar seusai menghadiri upacara Hari Kementerian Hukum dan HAM atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-78 Tahun 2023 di Lapas Klas 2A Tangerang di Tangerang, Senin.

Dia mengatakan realisasi hujan buatan tersebut masih menunggu konfirmasi lanjutan dari pemerintah pusat.

Pasalnya, BMKG akan melakukan survei lokasi terlebih dahulu sebelum modifikasi cuaca tersebut dilakukan.

"Karena hujan buatan itu faktor alam maka BMKG yang melakukan survei-survei di permukaan dan uap air. Bila itu memungkinkan akan dilakukan langkah-langkah sesuai prosedur yang ada," katanya.

Namun demikian, Pemprov Banten siap membantu jika memang hujan buatan tersebut nantinya dilaksanakan, termasuk dari segi anggaran. Pasalnya Pemprov Banten memiliki anggaran untuk alokasi kegiatan tak terduga.

"Kami punya pembiayaan BTT (Belanja Tak Terduga) namanya, untuk kami bisa kontribusikan kepada hal-hal yang bersifat darurat," ujarnya.

Penjabat Gubernur Banten akan menyiapkan anggaran untuk modifikasi cuaca berupa hujan buatan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News