Berburu Kerang Remis, Warga Pesisir Tanjung Lesung Pandeglang Gunakan Peralatan Sederhana

Senin, 22 April 2024 – 07:58 WIB
Berburu Kerang Remis, Warga Pesisir Tanjung Lesung Pandeglang Gunakan Peralatan Sederhana - JPNN.com Banten
Ibu-ibu memburu kerang remis di sekitar pesisir pantai Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang untuk dikonsumsi keluarga juga pendapatan ekonomi. ANTARA/Mansyur

banten.jpnn.com, PANDEGLANG - Masyarakat pesisir Pantai Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, ramai memburu kerang remis untuk konsumsi pangan keluarga dan pendapatan ekonomi.

"Kami sehari mencari kerang remis untuk dimasak juga terkadang dijual," kata Maesaroh (40), warga pesisir Tanjung Lesung, Minggu.

Memburu kerang remis dilakukan masyarakat pesisir pantai sudah berlangsung lama dan bisa memenuhi pangan juga peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Saat ini dirinya bersama puluhan warga lainnya memburu kerang remis dengan peralatan sederhana dalam seharian bisa memperoleh kerang remis sebanyak 15 kilogram.

Dari tangkapan 15 kilogram itu sebanyak dua kilogram untuk dimasak dan sisanya dijual dengan harga Rp5.000/gelas.

"Kami bisa menjual kerang remis itu bisa menghasilkan Rp50 ribu dengan dijual per gelas itu," kata Maesaroh.

Begitu juga warga pesisir Cibiuk, Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Anisah (35) mengatakan dirinya setiap hari memburu kerang remis bisa menghasilkan tangkapan 10 kilogram untuk dimasak dan proses pengolahannya terbilang sederhana. 

Daging remis keluar dari cangkangnya itu terlebih dahulu direbus dan bisa di sayur juga di pepes.

Warga pesisir Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, ramai memburu kerang remis untuk konsumsi pangan keluarga dan pendapatan ekonomi.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News