Kepala BNPT: Pencak Silat Bisa Menangkal Radikalisme

Sabtu, 12 November 2022 – 12:02 WIB
Kepala BNPT: Pencak Silat Bisa Menangkal Radikalisme - JPNN.com Banten
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menghadiri perayaan Milad ke-27 Pencak Silat Pusaka Cimade Banten Indonesia (PCBI) di Serang. Foto: Dokumentasi BNPT

banten.jpnn.com, SERANG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar ikut merayakan milad ke-27 Pencak Silat Pusaka Cimade Banten Indonesia (PCBI) pada Kamis malam (10/11) di Serang.

Dalam kesempatan tersebut, Boy Rafli mengaku sangat bangga dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan penguatan pencak silat.

"Pencak silat ini merupakan sebagai warisan budaya bernilai tinggi," ujar Boy Rafli Amar di Serang.

Dia mengatakan pencak silat bukan hanya sekadar seni bela diri semata, tetapi, penuh dengan filosofi serta nilai-nilai budaya Indonesia.

"Selain itu, pencak silat dapat mengasah kombinasi kekuatan fisik dan mental," katanya.

Dia berpendapat tujuan dari pencak silat untuk meraih sesuatu kebaikan, maka, tidak heran para pendekar dikenal dengan sikap rendah hati dan bijaksana.

"Berakar dari budaya Indonesia yang saling menghormati serta menghargai, makanya, pencak silat bisa mencegah paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme," katanya.

Komjen Boy Rafli mengajak kepada para perguruan pencak silat untuk aktif mengisi ruang digital dengan petunjuk serta nilai-nilai yang terkandung dalam seni bela diri ini.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengajak perguruan pencak silat aktif menangkal radikalisme.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News