Menjelang Mudik Lebaran, Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone

Senin, 13 Februari 2023 – 14:11 WIB
Menjelang Mudik Lebaran, Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone - JPNN.com Banten
Ditlantas Polda Banten mengelar uji coba electronic traffic law enforcement (ETLE) Drone yang memiliki fungsi melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas, Senin (13/2). Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, CURUG - Ditlantas Polda Banten mengelar uji coba electronic traffic law enforcement (ETLE) Drone yang memiliki fungsi melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas.

Uji coba ETLE Drone dilakukan di Lapangan Mapolda Banten, Jalan Raya Syekh Nawawi Albantani, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto, Wakapolda Brigjen Sabilul Alif, dan para pejabat utama.

Dirlantas Polda Banten Kombes Firman Darmansyah mengatakan ETLE Drone dapat difungsikan melakukan penegakan hukum terhadap pengendara lalu lintas yang melanggar.

"Pengendara motor yang tidak memakai helm, sopir serta penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman, dan berboncengan lebih dari dua itu akan ditilang oleh ETLE Drone. Surat tilangnya akan dikirim ke alamat STNK kendaraan yang melanggar," ucap Firman, Senin (13/2).

Firman menambah ETLE Drone juga dapat digunakan saat pelaksanaan arus mudik Idulfitri 2023.

Dapat membantu melancarkan lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

"Jadi, ETLE Drone tidak hanya berfungsi menilang pelanggaran lalu lintas, tetapi, juga bisa mengantisipasi kemacetan, lakalantas, dan lain lainnya," ujarnya.

Cara kerja ETLE Drone akan lebih dinamis, karena dapat mengambil sudut gambar dari udara dengan jarak sepuluh sampai 20 meter.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News