Karyawan Swasta Mendominasi Pengidap HIV/AIDS di Tangerang

Selasa, 30 Mei 2023 – 14:17 WIB
Karyawan Swasta Mendominasi Pengidap HIV/AIDS di Tangerang - JPNN.com Banten
Ilustrasi - Cegah HIV/AIDS. (ANTARA)

banten.jpnn.com, TANGERANG - Pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang berdasarkan profesinya didominasi kalangan nonprofesional atau karyawan swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Muchlis mengatakan dengan mendominasinya penularan HIV/AIDS pada kalangan nonprofesional ini diduga akibat perilaku seks bebas di luar nikah.

"Sebarannya memang saat ini justru yang terbanyak kasus dengan HIV/AIDS adalah tenaga nonprofesional atau karyawan. Untuk rinciannya itu dari total kasus yang ada sekitar 35 persen," kata dr Muchlis, Senin.

"Kami belum tahu persis terbagi berapa jumlah gendernya. Tetapi, kami akan coba teliti lagi," katanya.

Kemudian, kata dia, dari kasus HIV/AIDS berdasarkan data profesi di tahun ini juga tercatat paling banyak jumlah penderitanya adalah kalangan pekerja profesional dengan jumlah kisaran 10 persen.

Berdasar statistik yang dibuat Dinkes Tangerang, pengidap HIV/AIDS juga ada dari kelompok ibu rumahtangga (IRT).

Bahkan, kini menempati urutan ketiga setelah kalangan pegawai serta nonprofesional/swasta, dengan jumlah kasus mencapai 8,6 persen.

Pada statistik yang sama, menunjukkan penyebaran kasus HIV/AIDS tersebut juga tidak hanya menyasar kalangan pegawai, non profesional/swasta dan IRT, tetapi juga masif menyebar ke profesi lain-lain seperti pekerja seks komersial PSK, buruh/tani, pelajar/mahasiswa, Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, kalangan agama.

Pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang berdasarkan profesinya didominasi kalangan nonprofesional atau karyawan swasta.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News