1.247 Personel Polresta Serang Kota jadi Polisi RW, Inilah Tugas & Fungsinya

Rabu, 31 Mei 2023 – 18:45 WIB
1.247 Personel Polresta Serang Kota jadi Polisi RW, Inilah Tugas & Fungsinya - JPNN.com Banten
Polresta Serang Kota menggelar deklarasi Polisi RW yang bertempat di Alun-Alun Barat Kota Serang, Rabu (31/5). Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Ribuan personel yang berada di jajaran Polresta Serang Kota dijadikan Polisi RW (rukun warga).

Deklarasi Politik RW dipimpin langsung Wakapolda Banten Brigjen Sabilul Alif bertempat di Alun-Alun Barat Kota Serang, Kelurahan Kotabaru.

Kapolresta Serang Kota Kombes Sofwan Hermanto mengatakan salah satu pertimbangan adanya Polisi RW itu untuk menghadirkan personel di tengah-tengah masyarakat.

"Penempatannya satu RW satu polisi jumlah totalnya sebanyak 1.247 personel dibantu dengan yang di Polda Banten," ucapnya, Rabu (31/5).

Sofwan menjelaskan Polisi RW nanti akan dikerahkan untuk membangun kemitraan serta kerja sama dengan masyarakat.

"Menghidupkan kembali pos ronda atau siskamling supaya masyarakat dapat menjaga lingkungannya dengan pendampingan langsung dari Polisi RW," ujarnya.

Selain itu, berdasarkan hasil indentifikasi tentang tugas serta tanggung jawab Babinkamtibmas bahwa jumlah personelnya tidak sebanding dengan masyarakat yang ada.

"Seperti contohnya, di daerah hukum Polresta Serang Kota jumlah penduduknya 1.040.000 orang, sementara polisinya 710 personel," kata dia.

Polisi RW di jajaran Polresta Serang Kota bertugas di luar fungsi-fungsi Bhabinkamtibmas.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia