Dokter Sumihar Sihaloho Minta Warga Antisipasi Penyakit Cacar Monyet

Jumat, 05 Agustus 2022 – 16:22 WIB
Dokter Sumihar Sihaloho Minta Warga Antisipasi Penyakit Cacar Monyet - JPNN.com Banten
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho. ANTARA/Azmi Samsul Maarif

banten.jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang meminta seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi kemunculan kasus penyebaran cacar monyet (Monkeypox).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho mengatakan dengan ditemukannya kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah, menjadi perhatian khusus pihaknya dalam melakukan pencegahan kemunculan penyakit menular tersebut.

"Kami sudah menyebar luaskan informasi tentang Monkeypox dengan membuat konten edukasi melalui instagram, website dan spanduk. Untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat," ucap Sumihar di Tangerang, Jumat.

Dia mengatakan petugas surveilans di masing-masing puskesmas melakukan pemantauan.

"Kami juga terus memantau dan melaporkan laporan jika ada kasus yang ditemukan sesuai dengan definisi operasional yang ada," katanya.

Selain itu, dalam peningkatan kewaspadaan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Tangerang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terhadap seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

"Surat Edaran untuk kewaspadaan pun telah ditujukan untuk puskesmas, rumah sakit, dan laboratorium," ujarnya.

Menurutnya, penyakit monkyfox yang di mana asal mulanya dari jenis hewan pengerat seperti monyet dan tikus ini dapat menular ke semua kelompok umur manusia dengan melalui gangguan pada kekebalan tubuh.

Penyakit cacar monyet berasal dari hewan monyet dan tikus yang dapat menular ke semua kelompok umur manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News