Habiskan Duit Rp 1,5 Miliar, Peluncuran Jingle & Maskot Pilgub Banten Dinilai Hanya Hura-Hura

Rabu, 05 Juni 2024 – 00:00 WIB
Habiskan Duit Rp 1,5 Miliar, Peluncuran Jingle & Maskot Pilgub Banten Dinilai Hanya Hura-Hura - JPNN.com Banten
Pengamat politik Adib Miftahul. Foto: Dokumentasi pribadi

banten.jpnn.com, SERANG - Peluncuran Jingle dan Maskot Pilgub Banten menimbulkan berbagai sorotan terutama soal anggaran yang dihabiskan mencapai miliaran rupiah.

Pengamat politik Adib Miftahul mengatakan peluncuran jingle dan maskot yang diselenggarakan KPU Banten tidak menciptakan dampak besar terutama untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kalau menurut saya acara tersebut lebih kepada hura-hura atau tidak memberikan manfaat besar," ucap Adib kepada JPNN Banten, Selasa (4/6).

Adib menilai kegiatan tersebut lebih kepada menghabiskan anggaran tanpa memikirkan kedaulatan rakyat bagiamana menciptakan pemilu yang berkualitas.

"Akhirnya, jingle hura-hura menjadi sebuah pilihan, karena memang dalam prespektif KPU bagiamana anggaran habis dengan cepat," ujar dia.

Seharunya, menurut Adib, bila tujuan KPU ingin meningkatkan partisipasi pemilih semestinya memakai konsep yang lebih elegan.

"Banyak kegiatan murah yang bisa dikerjakan dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti mahasiswa serta karang taruna," kata dia.

"Meningkatkan partisipasi pemilih bisa merekrut mahasiswa atau karang taruna dengan membuat kegiatan dialog di desa-desa," tambah Adib.

Pengamat menilai peluncuran jingle dan maskot Pilgub Banten hanya ajang penghabisan anggaran.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News