BMKG: Banten dan 7 Daerah Lain Akan Diguyur Hujan Lebat

Minggu, 09 Oktober 2022 – 15:48 WIB
BMKG: Banten dan 7 Daerah Lain Akan Diguyur Hujan Lebat - JPNN.com Banten
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Foto: Tangkapan layar/Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di beberapa wilayah untuk satu pekan ke depan.

Peringatan atau siaga tersebut akan berlangsung dari 9 Oktober sampai 15 Oktober 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan ada delapan daerah untuk tiga hari ke depan agar waspada atau masuk dalam kategori siaga.

Beberapa wilayah tersebut, di antaranya Provinsi Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

"Kami telah mengindentifikasi delapan wilayah tersebut akan mengalami hujan lebat," ucap Dwikorita saat konferensi pers secara online, Sabtu (9/10).

Meski begitu, Dwikorita tidak dapat memastikan daerah mana yang berpotensi terkena bencana.

"Bencana itu faktornya bermacam-macam, antara lain pengaruh kondisi lahan. Tentunya bila lahan makin rusak potensi bencana akan tinggi," ujarnya.

Dia juga menjelaskan potensi hujan lebat disertai angin kencang, dan petir dalam kurun waktu tiga hari sampai satu minggu ke depan masih dapat terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia.

Cuaca ekstrem satu pekan ke depan akan terjadi di beberapa daerah di Indonesia, BMKG keluarkan peringatan siaga.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News