Pemberlakuan Tilang Manual, Polresta Tangerang Siapkan Petugas Bersertifikat

Jumat, 02 Juni 2023 – 03:22 WIB
Pemberlakuan Tilang Manual, Polresta Tangerang Siapkan Petugas Bersertifikat - JPNN.com Banten
Wakasat Lantas Polresta Tangerang AKP I Made Artana. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

banten.jpnn.com, TANGERANG - Wakil Kepala Satlantas Polresta Tangerang AKP I Made Artana mengatakan puluhan personel Satlantas bersertifikat disiapkan untuk melakukan penindakan tilang manual terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Personel yang sudah bersertifikat tersebut nantinya akan memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk menindak tegas dengan memberikan tilang secara langsung bagi pengendara yang melanggar peraturan.

"Kami sudah mengusulkan (petugas) yang jadi penyidik terhadap penindak pelanggaran. Dari hasil pendataan ada sekitar 20 personel yang diusulkan," ucap Made Artana di Tangerang, Kamis.

Pihaknya saat ini sedang mempersiapkan sejumlah data administrasi personel yang masuk indikator syarat dari asesmen petugas tilang manual, seperti terkait integritas, kepatuhan terhadap aturan, pengendalian diri, dan juga komunikasi.

Dengan begitu, nantinya pelaksanaan penindakan tilang manual itu dapat berjalan dengan baik serta tidak terjadi pelanggaran di lapangan.

"Sementara ini sudah ada beberapa personel bersertifikat dan ini juga kita masih melakukan pengumpulan data. Hal ini menjadi prinsip mendasar maka kita siapkan dari sisi administrasi serta data yang mendukung dari ketentuan tugas penyidik," katanya.

Dia menambahkan Satlantas Polresta Tangerang sudah siap melaksanakan operasi penindakan tilang manual yang bakal dilakukan dalam waktu dekat ini sebagai upaya meningkatkan keamanan, ketertiban, dan keselamatan lalu lintas di daerahnya itu.

Untuk teknis penindakan tilang manual nantinya dilaksanakan di wilayah yang belum tercakup atau terjangkau sistem tilang elektronik atau ETLE.

Puluhan personel Satlantas Polresta Tangerang bersertifikat disiapkan untuk melakukan penindakan tilang manual.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News