SD dan SMP di Kota Tangerang Sudah Gunakan e-Rapor

Selasa, 27 Juni 2023 – 16:37 WIB
SD dan SMP di Kota Tangerang Sudah Gunakan e-Rapor - JPNN.com Banten
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin. (ANTARA/Irfan)

banten.jpnn.com, TANGERANG - Sistem e-Rapor telah digunakan hampir di seluruh sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan penggunaan e-Rapor untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses administrasi pembelajaran, khususnya pelaporan hasil akhir proses pembelajaran para siswa.

Penggunaan e-Rapor dapat memudahkan banyak pihak, seperti memberikan kemudahan pendataan bagi guru, memberikan kemudahan orang tua untuk mengakses, serta mengetahui hasil pembelajaran anak-anaknya.

"Intinya e-Rapor ini merupakan sistem baru yang memudahkan semua pihak, baik satuan pendidikan, guru, maupun orang tua. Semisal, lewat e-Rapor, satuan pendidikan bisa mangarsip data lebih efisien, guru-guru yang tidak terbebani dengan tugas administrasi, maupun bagi orang tua yang bisa mengakses secara langsung hasil perkembangan proses pembelajaran anak-anaknya," kata dia, Selasa.

Dia mengatakan e-Rapor dilengkapi fitur-fitur yang membuatnya lebih unggul dari rapor konvensional pada umumnya.

Penggunaan e-Rapor dilengkapi dengan fitur sistem yang terintegrasi di antaranya penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester/tahun.

Fitur penilaian deskriptif serta fitur aksesibilitas bagi orang tua/wali yang semuanya mampu meringankan beban admistrasi bagi guru-guru dan satuan sekolah di Kota Tangerang.

Penggunaan e-Rapor di Kota Tangerang juga telah bisa diakses dengan mudah melalui portal e-rapor.tangerangkota.go.id dan super apps Tangerang LIVE.

Sistem e-Rapor telah digunakan hampir di seluruh sekolah dasar (SD) dan SMP di Kota Tangerang.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News