Darurat Kekeringan di Lebak, BPBD Distribusikan Air Bersih ke Pedalaman

Minggu, 27 Agustus 2023 – 18:51 WIB
Darurat Kekeringan di Lebak, BPBD Distribusikan Air Bersih ke Pedalaman - JPNN.com Banten
Warga pedalaman di Kabupaten Lebak dapat pasokan air bersih dari BPBD untuk memenuhi keperluan mandi cuci dan kakus (MCK). ANTARA/Mansur

banten.jpnn.com, LEBAK - BPBD Kabupaten Lebak mendistribusikan pasokan air bersih hingga ke pedalaman di Kecamatan Panggarangan.

Pemerintah Kabupaten Lebak telah menetapkan status darurat kekeringan sehingga masyarakat yang dilanda krisis air bersih perlu mendapatkan pendistribusian air bersih.

"Kami tetap komitmen untuk membantu masyarakat yang dilanda krisis air bersih," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizki Pratama, Minggu.

Dia mengatakan saat ini pendistribusian air bersih ke pedalaman di Kecamatan Panggarangan dengan jarak tempuh dari Rangkasbitung sekitar 130 kilometer.

Mereka mendapatkan pasokan air bersih sebanyak 18.000 liter dengan menerjunkan tiga unit kendaraan.

"Kami hingga sekarang telah mendistribusikan air bersih sebanyak 130.200 liter di 28 kecamatan dengan 23 desa," katanya.

Menurut dia, pihaknya mengkhawatirkan krisis air bersih itu dapat menimbulkan ancaman ketersediaan pangan, karena areal persawahan mengalami kekeringan.

Selain itu juga kekeringan berpotensi menularkan berbagai penyakit yang membahayakan bagi kesehatan manusia.

Pemkab Lebak telah menetapkan status darurat kekeringan yang terjadi 18 kecamatan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News