2 Warga Tangsel Terkena Cacar Monyet, Ini Ciri-cirinya

Selasa, 31 Oktober 2023 – 10:49 WIB
2 Warga Tangsel Terkena Cacar Monyet, Ini Ciri-cirinya - JPNN.com Banten
Arsip Foto - Petugas kesehatan bersiap melakukan vaksinasi cacar monyet di sebuah klinik. (ANTARA FOTO/REUTERS/Christinne Muschi/wsj)

banten.jpnn.com, TANGSEL - Laki-laki berusia 24 tahun dan 31 tahun di Tangerang Selatan (Tangsel) terkena cacar monyet atau monkeypox (Mpox).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel mengatakan kasus ini merupakan yang pertama.

"Kasus pertama laki-laki domisili baru sepuluh bulan di Kota Tangerang Selatan KTP luar Tangerang selatan berusia 24 tahun, kasus kedua laki-laki domisili dan KTP Kota Tangerang Selatan berusia 31 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa.

Dia menyebutkan pasien terkonfirmasi cacar monyet yang diketahui dari kelompok laki-laki ini berusia produktif antara 24-30 tahun.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium per 30 Oktober 2023, pasien terdeteksi mengalami gejala demam, lesi di tangan, wajah, dan badan.

"Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dilakukan isolasi, tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat," katanya.

Menurut dia, dari seluruh pasien yang teridentifikasi itu saat ini sedang menjalani perawatan isolasi secara intensif dengan masa perawatannya akan dilakukan hingga sembuh sempurna.

Dia menambahkan dengan adanya temuan kasus tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan perilaku hidup bersih an sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol Kesehatan.

Kasus cacar monyet di Tangsel merupakan yang pertama, demikian laporan Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News