Untuk 6 Daerah di Banten Waspada Dilanda Cuaca Ekstrem

Sabtu, 17 Februari 2024 – 11:49 WIB
Untuk 6 Daerah di Banten Waspada Dilanda Cuaca Ekstrem - JPNN.com Banten
Untuk enam daerah di Banten waspada dilanda cuaca ekstrem. Ilustrasi Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Enam daerah di Banten berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Sabtu (17/2).

Prakiraan cuaca itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Peringatan dini kewaspadaan cuaca ekstrem guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tatang, Sabtu.

Dia mengatakan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpeluang menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Tatang menyebutkan enam daerah di wilayah Banten yang berpotensi dilanda cuaca buruk itu, antara lain Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

"Sedangkan untuk Kota Tangerang dan Kota Cilegon relatif aman dari ancaman cuaca ekstrem," ujarnya.

Pada pagi dan siang hari di wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi berawan juga hujan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 24-33 derajat celcius.

Tingkat kelembapan udara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

Menurut BMKG enam daerah di Banten berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia