BMKG Prakirakan 4 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Selasa, 20 Februari 2024 – 10:00 WIB
BMKG Prakirakan 4 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem - JPNN.com Banten
BMKG prakirakan empat daerah di Banten dilanda cuaca ekstrem. ilustrasi foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, LEBAK - Beberapa daerah di wilayah Banten berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan petir pada Selasa (20/2).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini dan waspada.

"Peringatan dini waspada cuaca buruk tersebut guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tatang.

Dia mengatakan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpeluang menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Dia menyebutkan empat daerah di wilayah Banten yang berpotensi dilanda cuaca buruk itu, antara lain Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Serang.

Sedangkan Kota Serang, Kota Cilegon , Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan relatif aman dari cuaca ekstrem tersebut.

Pada pagi dan siang hari di wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi cerah berawan juga hujan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 23-33 derajat celcius.

Tingkat kelembapan udara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 05-25 kilometer per jam.

BMKG mengeluarkan peringatan dini dan waspada adanya potensi cuaca ekstrem di Banten.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News