Izinnya Telah Dicabut, Apotek di Tangerang Tetap Menjual Obat-obatan

Selasa, 27 Februari 2024 – 11:24 WIB
Izinnya Telah Dicabut, Apotek di Tangerang Tetap Menjual Obat-obatan - JPNN.com Banten
Petugas dari Dinas Kesehatan menyegel sebuah apotek di wilayah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. (ANTARA/Azmi)

banten.jpnn.com, TANGERANG - Tidak miliki izin praktik, salah satu apotek di wilayah Kecamatan Pasar Kemis ditutup Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

Izin apotek tersebut sebelumnya telah dicabut, tetapi, masih melakukan kegiatan jual beli obat-obatan atau kesediaan farmasi kepada masyarakat.

"Langsung kami segel untuk sementara waktu, untuk keamanan masyarakat dari peredaran obat yang dikhawatirkan berbahaya," kata Ketua Tim Kerja Farmasi dan Keamanan Pangan pada Dinkes Kabupaten Tangerang Desi Tirtawati, Senin.

Setelah dilakukan penyegelan, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pembinaan terhadap pemilik apotek, agar dapat mengurus perizinannya kembali.

"Kami berikan pembinaan kepada pemilik toko tersebut agar dapat mengurus izin terlebih dahulu sebelum beroperasi kembali," lanjutnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap sarana kefarmasian yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap apotek-apotek yang ada di Kabupaten Tangerang, agar kesehatan dan keamanan masyarakat benar-benar terjaga dari obat-obatan yang berbahaya atau ilegal," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dalam membeli obat di apotek. Dengan cara teliti dalam membeli obat-obatan, memilih sarana yang berizin serta selalu memperhatikan kemasan izin label dan juga tanggal kadaluarsa.

Tidak memiliki izin praktik, salah satu apotek di Tangerang ditutup petugas dinas kesehatan.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News