Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Akan Diefektifkan

Kamis, 18 April 2024 – 11:30 WIB
Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Akan Diefektifkan - JPNN.com Banten
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi saat memberikan keterangan pers di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu (17/4/2024). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

banten.jpnn.com, TANGSEL - Pelabuhan Indah Kiat di Kota Cilegon akan dimodifikasi agar juga dapat digunakan untuk melayani kapal penumpang.

Upaya itu dilakukan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak, Banten pada periode mudik Lebaran selanjutnya.

"Tadi saya juga sudah lapor ke Pak Wapres untuk wilayah Merak itu nanti misalnya yang kami usulkan itu Indah Kiat yang sekarang belum bisa digunakan untuk kapal pengangkut orang. Itu nanti kami modifikasi. Pak Wapres mengarahkan itu, nanti kalau bisa untuk mengangkut orang juga," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy seusai bertemu Wapres Ma'ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu.

Diketahui, Pelabuhan Indah Kiat selama ini melayani kapal pengangkut kendaraan logistik.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak tersebut, juga telah dioperasikan Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon yang diperuntukkan untuk kendaraan roda dua.

"Ini, kan, sudah kami lakukan Ciwandan sudah efektif ya, Ciwandan itu untuk mengangkut sepeda motor dan truk barang, itu kemudian berlabuhnya di (Pelabuhan) Bakauheni atau di (Pelabuhan) Panjang," ucap Muhadjir.

Dia mengatakan dibukanya rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan memudahkan bagi para pemudik yang tinggal di Kota Bandarlampung dan sekitarnya.

"Sekarang untuk mereka yang tinggal di wilayah Bandarlampung dan sekitarnya itu punya pilihan, dia tidak harus ke Bakauheni yang 120 kilometer, tetapi dia cukup di Panjang. Walaupun di perjalanan lautnya memang memakan waktu lebih lama sekitar 5-6 jam, tetapi, kan, lebih bagus, santai di laut daripada 120 kilometer habis untuk bensin dan juga lelah," kata dia.

Pelabuhan Indah Kiat di Kota Cilegon akan dimodifikasi agar juga dapat digunakan untuk melayani kapal penumpang.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia