KPU Banten: 775 Orang Terpilih Menjadi PPK

Jumat, 16 Desember 2022 – 00:43 WIB
KPU Banten: 775 Orang Terpilih Menjadi PPK - JPNN.com Banten
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian, dan Pengembangan KPU Provinsi Banten Rohimah. Foto: Dokumentasi Pribadi

banten.jpnn.com, SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat ada 775 orang terpilih menjadi PPK.

Data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah diumumkan pada 14 Desember 2022 di masing-masing KPU kabupaten atau kota se-Provinsi Banten.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian, dan Pengembangan KPU Provinsi Banten Rohimah mengatakan PPK yang lolos ada 775 dari 155 kecamatan se-Provinsi Banten.

"Setiap kecamatan diambil lima orang, kemudian telah disiapkan juga penggantian antarwaktu (PAW) jumlah kuotanya sama dengan yang terpilih," ucap Rohimah kepada JPNN Banten, Kamis (15/12).

Rohimah menerangkan tugas pertama PPK setelah dilantik, yaitu membantu menyusun daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4).

"Masa kerja PPK dimulai pada 4 Januari 2023. Maka tugas pertamanya adalah proses pemutakhiran data pemilih," ucapnya.

Rohimah menjelaskan proses pemutakhiran data banyak tahapan yang dilalui, di antaranya menyusun daftar pemilih, kemudian pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih).

"Proses pemutakhiran data pemilih itu panjang bisa sampai dua bulan," jelasnya.

PPK yang terpilih akan menerima surat keputusan (SK) terlebih dahulu dari KPU kabupaten atau kota se-Provinsi Banten.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News