Waspada Banjir Rob di Pesisir Banten, Berikut Waktu dan Lokasinya

Rabu, 18 Januari 2023 – 21:34 WIB
Waspada Banjir Rob di Pesisir Banten, Berikut Waktu dan Lokasinya - JPNN.com Banten
Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun BMKG Serang Tarjono sedang memantau gelombang laut. Foto: Dokumentasi Pribadi

banten.jpnn.com, SERANG - Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi banjir pesisir atau rob di wilayah Banten.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun BMKG Serang Tarjono mengatakan potensi banjir rob diprakirakan bakal terjadi pada 19 sampai 25 Januari 2023.

"Jadi, peristiwa ini karena adanya fenomena pase bulan baru, purnama, dan gelap yang bisa mempengaruhi pasang surutnya permukaan air laut," ucap Tarjono kepada JPNN Banten, Rabu (18/1).

Tarjono menjelaskan waktu dan tinggi gelombang setiap daerah akan berbeda-beda.

"Contohnya, di perairan Karangantu biasanya air pasang akan terjadi pada pagi hari, sedangkan di Labuan sore dengan ketinggian gelombang sekitar 20 sampai 40 sentimeter," kata dia.

Dia menegaskan banjir rob akan terjadi hampir di semua wilayah Banten, di antaranya Pantai Pantura yang berada di Tangerang sampai Bojonegara.

Kemudian juga akan terjadi di perairan Barat dari Anyer sampai Labuan waktunya dimulai dari 20 sampai 25 Januari 2023.

"Sedangkan di perairan Selatan Banten, seperti Binuangeun, Bayah, dan Bagedur itu dimulai dari 19 hingga 25 Januari 2023," ucap dia.

Waspada potensi banjir rob mengintai pesisir wilayah Banten, nelayan yang melaut hati-hati.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News