Hujan Deras, Status Sungai Ciberang Waspada Banjir

Senin, 13 Februari 2023 – 15:00 WIB
Hujan Deras, Status Sungai Ciberang Waspada Banjir - JPNN.com Banten
Status Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak kembali menjadi waspada banjir dari sehari sebelumnya siaga menyusul curah hujan di daerah itu cukup tinggi. ANTARA/Mansur

banten.jpnn.com, LEBAK - Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan status Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak menjadi waspada banjir.

Petugas pencatat Sungai Ciberang Aat Sukatma mengimbau masyarakat Lebak yang tinggal di sekitar aliran sungai tetap waspada banjir karena khawatir di hulu kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS) dan Hutan Lindung Badui curah hujan kembali lebat disertai angin kencang.

"Sekarang debit Sungai Ciberang 332 meter kubik per detik dibandingkan Minggu (12/2) mencapai 545 meter kubik per detik, sehingga berstatus waspada banjir," kata Aat, Senin.

Kendati hujan sudah tidak turun dan cuaca mendung serta berawan dibandingkan sehari sebelumnya yang diguyur hujan terus-menerus dengan intensitas ringan, permukaan Sungai Ciberang kini mencapai 272 sentimeter dengan debit air 332 meter kubik per detik dengan status waspada banjir.

Aat mengatakan meski saat ini kondisi Sungai Ciberang berstatus waspada, tetapi potensi curah hujan masih tinggi sampai awal Maret 2023.

"Kami minta warga yang tinggal berdekatan dengan aliran Sungai Ciberang tetap waspada banjir," kata Aat.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faisal mengatakan pihaknya sudah menyampaikan peringatan dini kewaspadaan bencana alam kepada instansi terkait, termasuk warga yang tinggal di tepi sungai sehubungan curah hujan meningkat.

Pemukiman masyarakat yang tinggal di tepi aliran sungai di Kabupaten Lebak mencapai ribuan Kepala Keluarga ( KK) dan jika curah hujan tinggi dengan intensitas sedang dan lebat bisa menimbulkan bencana banjir.

Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan status Sungai Ciberang di Lebak menjadi waspada banjir.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News