Digigit Ular Berbisa, 12 Warga Badui Harus Dirawat, Satu Orang Meninggal

Selasa, 12 September 2023 – 14:05 WIB
Digigit Ular Berbisa, 12 Warga Badui Harus Dirawat, Satu Orang Meninggal - JPNN.com Banten
Relawan Sahabat Indonesia tengah membawa warga Badui korban gigitan ular berbisa menggunakan ambulans menuju RSUD Banten untuk mendapatkan perawatan medis. FOTO ANTARA/HO-Relawan SRI

banten.jpnn.com, LEBAK - Sejak sebulan terakhir 12 warga Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak digigit ular tanah (agkistrodon rhodostoma).

Seorang warga dilaporkan meninggal dunia seusai digigit ular berbisa.

"Korban meninggal atas nama Pulung (43), warga Kampung Cipiit, Desa Kanekes yang masuk kawasan permukiman Badui," kata Ketua Koordinator Sahabat Relawan Indonesia (SRI) Muhammad Arif Kirdiat, Selasa.

Warga Badui yang meninggal dunia akibat gigitan ular yang mematikan itu setelah keluarga korban tengah mencari serum antibisa ular ke petugas medis puskesmas.

Masyarakat Badui yang menjadi korban gigitan ular, katanya, karena membuka ladang pertanian, di mana saat membuka ladang pertanian itu dengan membersihkan rerumputan hingga kayu-kayuan di kawasan hutan, sehingga berpotensi menjadi korban gigitan ular mematikan.

Sebab, kata dia, habitat populasi ular tanah itu di tempat-tempat suhu dingin dengan banyak rerumputan, bahkan di bawah pepohonan.

"Kami bergerak cepat jika ada warga Badui menjadi korban gigitan ular dengan membawa ke puskesmas setempat maupun rumah sakit untuk menyelamatkan jiwa mereka," kata Arif.

Menurut dia, dari 12 warga Badui yang menjadi korban gigitan ular berbisa, tiga korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Banten dan lima ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

Sejak sebulan terakhir 12 warga Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak digigit ular berbisa.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia