558 Warga Cilegon Jadi Korban Bau Kimia PT Chandra Asri, Kebanyakan Anak-Anak

Senin, 22 Januari 2024 – 05:37 WIB
558 Warga Cilegon Jadi Korban Bau Kimia PT Chandra Asri, Kebanyakan Anak-Anak - JPNN.com Banten
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menjenguk korban pencemaran bau kimia yang disebabkan PT Chandra Asri Pacifik. Foto: Diskominfosantik Kota Cilegon

banten.jpnn.com, CILEGON - Ratusan warga Kota Cilegon menjadi korban bau kimia yang disebabkan dari PT Chandra Asri Pacifik Tbk.

Bau kimia itu menyebar ke beberapa kecamatan yang ada di Kota Cilegon hingga menimbulkan korban.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon korban terdampak dari bau kimia yang disebabkan perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia itu mencapai 558 orang.

Korban-korban tersebut terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak yang berada di empat kecamatan, di antaranya Ciwandan, Pulomerak, Grogol, dan Citangkil.

Perinciannya untuk orang dewasa yang menjadi korban mencapai 450 orang, sementara anak-anak sebanyak 108. 

Korban paling banyak berada di Kecamatan Ciwandan yang di mana lokasinya berdekatan dengan PT Chandra Asri.

Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengatakan pihaknya menyediakan layanan kesehatan buat warga yang terdampak di puskesmas selama 24 jam nonstop.

"Kami membuka layanan di puskesmas 24 jam. Sebagai besar warga mengeluh pusing, mual, muntah, dan sesak nafas," ucap Ratih kepada JPNN Banten, Minggu (21/1).

Ratusan anak-anak di Cilegon menjadi korban dampak bau kimia dari PT Chandra Asri Pacifik.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News