Ribuan Lembar Uang Palsu Akan Disebar ke Sumatra, Ada Dolar & Euro

Rabu, 01 Maret 2023 – 06:15 WIB
Ribuan Lembar Uang Palsu Akan Disebar ke Sumatra, Ada Dolar & Euro - JPNN.com Banten
Jajaran Polres Cilegon menggelar konferensi pers pengungkapan kasus pembuatan uang palsu. Foto: Humas Polda Banten

banten.jpnn.com, CILEGON - Satreskrim Polres Cilegon membongkar kelompok pembuat uang palsu yang akan diedarkan ke Pulau Sumatra.

Kelompok tersebut berjumlah tiga orang, dua di antaranya MI (35) dan HI (41) telah ditangkap Satreskrim Polres Cilegon, satu lainnya buron.

Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro mengatakan terungkapnya penyelundupan uang palsu bermula ketika MI hendak menyeberang ke Lampung pada 22 Januari 2023.

Ketika itu, petugas Pelabuhan Merak mencurigai gelagat MI hingga dilakukan pemeriksaan.

"Hasil pemeriksaan pada saat itu, petugas menemukan 6.600 lembar uang palsu menyerupai rupiah dengan total mencapai Rp 66 juta," ucap AKBP Eko, Selasa (28/2).

Eko menegaskan tidak berselang lama pihaknya kembali menangkap satu orang pria berinisial IH yang masuk dalam sindikat peredaran uang palsu.

"Namun, masih ada satu tersangka lagi berinisial TJ (43) yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Mochamad Nandar menambahkan pembuatan uang palsu itu dilakukan di daerah Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembuatan uang palsu rupiah, dolar, dan euro dilakukan di Bogor.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News