Tol Serang-Panimbang Akses KEK Tanjung Lesung Rampung Maret 2024

Senin, 19 Juni 2023 – 13:35 WIB
Tol Serang-Panimbang Akses KEK Tanjung Lesung Rampung Maret 2024 - JPNN.com Banten
Pembangunan Tol Serang-Panimbang. ANTARA/Mansur

banten.jpnn.com, TANGSEL - Tol Serang-Panimbang (Serpan) yang akan memudahkan akses ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, akan rampung secara keseluruhan pada Maret 2024.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian mengatakan Tol Serpan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk memacu pengembangan wilayah dan pemerataan pembangunan khususnya di Banten Selatan.

“Memang ada sedikit penyesuaian dari jadwal semula. Tapi kami (KSP) sedang mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan percepatannya," kata Helson Siagian di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin.

Helson mengungkapkan bahwa dari hasil peninjauan dan evaluasi di lapangan, terdapat beberapa persoalan yang masih mengganjal proses pembangunan Tol Serpan seperti pembebasan lahan, dan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi pada Seksi 3B.

“Semula pembebasan lahan sebenarnya sudah hampir selesai. Tapi belakangan ada kebutuhan lahan tambahan sehingga butuh waktu lagi untuk penyelesaiannya. Terkait pendanaan di Seksi 3B, pemerintah masih mencari sumber pendanaan alternatif,” kata dia.

Tol Serpan terdiri dari tiga seksi yakni seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, seksi 2 Rangkasbitung-Cileles, dan seksi 3 Cileles-Panimbang. Seksi 1telah diresmikan dan beroperasi sejak 16 November 2021.

Sementara seksi 2, proses pembangunannya sudah mencapai 70 persen untuk pengadaan tanah, dan 51 persen untuk pengerjaan konstruksi. Sedangkan seksi 3, pengadaan tanah mencapai 78 persen, dan pengerjaan konstruksi baru 13 persen.

Menurut data di laman resmi Kementerian Keuangan, Tol Serpan yang merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha dengan nilai total investasi sebesar Rp8,58 triliun.

Tol Serang-Panimbang akan memudahkan akses ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia