Ombudsman: 4.683 Kursi Masih Kosong pada PPDB SMA di Banten

Kamis, 11 Juli 2024 – 03:08 WIB
Ombudsman: 4.683 Kursi Masih Kosong pada PPDB SMA di Banten - JPNN.com Banten
Kepala Perwakilan Ombudsman Banten Fadli Afriadi. Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com

banten.jpnn.com, SERANG - Sebanyak 4.683 kursi masih kosong seusai Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Provinsi Banten.

Ombudsman RI Perwakilan Banten memerinci kursi kosong terbanyak berada pada jalur prestasi nonakademik, yaitu 1.431 kursi dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 1.464 kursi kosong.

"Jumlah tersebut belum termasuk siswa yang diterima, namun tidak daftar ulang atau lapor diri," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Fadli Afriadi, Rabu.

Dia mengatakan Kabupaten Lebak menjadi salah satu kabupaten yang memiliki total kursi kosong tertinggi sebanyak 1.457 kursi kosong, di peringkat selanjutnya ada Kabupaten Serang sebanyak 1.048 kursi kosong, Kabupaten Tangerang sebanyak 881 kursi kosong dan Kabupaten Pandeglang sebanyak 613 kursi kosong.

Peringkat kursi kosong terbanyak untuk kota, yaitu sebanyak 355 kursi kosong berada pada SMA di Kota Serang, 158 kursi di Kota Cilegon dan 137 kursi kosong di Kota Tangerang Selatan.

Adapun di Kota Tangerang terdapat 34 kursi kosong yang semuanya berasal dari sisa kuota jalur perpindahan orang tua.

“Temuan ini belum final, tentunya Ombudsman Banten secara intensif akan mengawal dan mendorong transparansi proses pengisian empat ribuan kursi kosong kepada pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten," katanya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Bidang (Kabid) SMA pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten bahwa alokasi sisa kursi kosong pada jalur afirmasi dan perpindahan orang tua akan dialihkan ke jalur prestasi. Namun, Ombudsman Banten melihat bahwa pengalihan kursi kosong tersebut belum terlihat dalam sistem online.

Ombudsman menemukan 4.683 kursi masih kosong seusai Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Provinsi Banten.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia