Ditemukan Arca Peninggalan Hindu Saiwa Abad 7 Masehi di TNUK

Sabtu, 27 Juli 2024 – 00:00 WIB
Ditemukan Arca Peninggalan Hindu Saiwa Abad 7 Masehi di TNUK - JPNN.com Banten
Tim BPK wilayah VIII Banten saat melakukan observasi temuan arca di TNUK Pandeglang, Banten, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-BPK Wilayah VIII Banten

banten.jpnn.com, SERANG - Objek diduga cagar budaya (ODCB) ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang.

Guru Besar Arkeologi UI Prof Agus Aris Munandar memperkirakan ODCB tersebut peninggalan zaman Hindu Saiwa sekitar abad tujuh masehi.

"Kalau dari pandangan arkeologi, ini adalah penemuan yang sangat penting dan menunjukkan bahwa ada pengaruh awal dari budaya India di tanah Jawa dan itu ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon," ujarnya seusai diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VIII di Serang, Jumat.

Temuan tersebut, di antaranya dua kepala arca dan batu berbentuk pion berjumlah lima serta temuan batu lulumpang.

Dia menjelaskan agama Hindu Saiwa pada abad kedelapan berkembang di Jawa bagian tengah dan sebelum itu pengaruh budaya India sudah ada di Ujung Kulon.

Kenapa dipilih Ujung Kulon, menurut Agus, dari sudut pelayaran, jika datang dari barat maka akan singgah ke bagian barat tanah Jawa, yaitu Pulau Panaitan dan Ujung Kulon.

"Dulu pelayaran itu bukan lewat Selat Malaka, tetapi masih lewat pantai barat Sumatera, akhirnya pelayar-pelayar kapal singgahnya di tanah Jawa bagian barat, di Pulau Panaitan dan Ujung Kulon," katanya.

Agus menuturkan bahwa tempat tersebut ditinggalkan karena kurang ada pendukung, seperti penduduknya kurang sehingga terjadi pergeseran dari wilayah Ujung Kulon ke arah timur.

Dua kepala arca, batu berbentuk pion berjumlah lima, serta batu lulumpang di TNUK diperkirakan peninggalan Hindu Saiwa abad 7 masehi.
Facebook JPNN.com Banten Twitter JPNN.com Banten Pinterest JPNN.com Banten Linkedin JPNN.com Banten Flipboard JPNN.com Banten Line JPNN.com Banten JPNN.com Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia